Archive for June, 2009

27
Jun
09

Terowongan Casablanca

TERowongan Casablanca merupakan tempat yang dibangun di atas tanah pekuburan, terowongan Casablanca memang terbilang angker. Menurut beberapa warga Casablanca, ketika pembongkaran kuburan tersebut, bahkan ada 1 jenazah yang masih utuh.

Dari terowongan Casablanca sampai kira-kira radius 40 meter sesudahnya, banyak terjadi kecelakaan yang penyebabnya tidak masuk akal. Biasanya karena pengendara motor atau mobil melihat sesosok perempuan tiba-tiba menyeberang di hadapan kendaraannya, sehingga pengemudi kendaraan tiba-tiba banting setir dan menabrak pembatas jalan.

Menurut warga, ada baiknya ketika melewati terowongan ini, pengemudi kendaraan membunyikan klakson untuk “menyapa” penghuni terowongan. Akhir tahun 90-an, seorang laki-laki separuh baya ada yang menggantung diri (bunuh diri) dengan spanduk di sini. Jadilah tempat ini semakin angker.

Menurut Ibu Yati Mustofa, warga yang tinggal di dekat terowongan Casablanca, warga kerap mendengar suara tangisan, ketika sumber bunyi dihampiri, suara itu berpindah-pindah.

Rasa penasaran gw kembali menggila,
gara2 sakaw cerita horor, langsung gw samperin kang arip yang lagi ngopi di warung belakang..
maklum guys, kang arip adalah kolektor cerita2 yg ghoib kyk gini, dikala sepi kang arip sering melahap buku2 karya Bram Stoker hingga Kho ping ho (apa hubungannya ya!?)

“kang arip, klo mitos terowongan casablanca itu bner gak?” ujar gw semangat

“sruup..sruup..sruup..” seruput kang arip, kopi kapal apinya kyknya mendidih gila jadi dipakein piring biar mendingan, tua bgt yah kebiasaannya haha..

“yang perempuan suka ngasal nyebrang jalan, kang?” lanjut gw

“dulu siih, pas klo gak salah taon 2004, saya naikin ke bajaj saya..”

“waduh, nekat ni kang arip” batin gw..

“trus..trus??” tanya gw lagi..

“ga pa2 tuh..” jwb kang arip nyantai

“nah kok ga pa-pa?”

“wong penumpang.., den sacha nanyain penumpang perempuan kan??”

“iya, yg kuntilanak nyeremin gitu..”

“gak ada tuh kuntilanak, org dia pke roknya segini..” ujar kang arip sambil megang pahanya

“lah trus2x..?”

“yahh, gitu den hehe.. dia minta dianterin pulang tp gak punya uang, trus yaa gitu deh, hehe,,..” ujar kang arip cengengesan..

“lah kok jd cengengesan gni kang.. trus gmn kang..??”

“yah gitu den hehehe, saya dikasi gratisan.. hehehe”

“anjroot..!!!! kacauu.. jd?? huhff..”

“habis enak, den..” nambah kang arip

gw cabs

“nampol den.. beneran.. ga byr, bneran..” seru kang arip dari kejauhan..

Advertisements
27
Jun
09

Rumah Hantu Pondok Indah

FYI: Skrg ni rumah dah gak ada alias dah di bongkar cuman pas awal2 gw ngekos ke radio dlm mitos satu ini sempat menghantui gw hehe

ok mhhh, mule dari mana yah, ok
Siapa bilang kawasan elite bebas dari “gangguan” dunia gaib. Salah satu bukti yang dapat ditemui sampai saat ini adalah Rumah Pondok Indah, tepatnya rumah yang terletak di Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Rumah ini booming gara2 ramainya pembicaraan di akhir September 2002, rumah ini sempat memakan tumbal seorang tukang nasi goreng. Kejadian ini jadi menghebohkan karena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya. Konon katanya, malam sebelum hilang tukang nasi goreng tersebut hendak mengantar nasi goreng yang dipesan oleh seorang perempuan ke dalam rumah. Namun, ia tak pernah ke luar lagi.

Konon kabarnya rumah itu sangat berhantu dan jika ada yg mencoba utk menempatinya maka penghuninya akan dihantui terus menerus dan pasti akan dibuat tdk betah di rumah itu. Dan rumah ini konon adalah tempat para hantu2 berkumpul dan mempunyai daya tarik yg kuat dan konon skrg kalau ada yg memasuki rumah itu maka orang itu sudah dipastikan tidak akan pernah kembali
lagi.
Mengenai sejarah rumah itu, konon seisi keluarga pemilik rumah ini tewas dalam peristiwa perampokan bermotif persaingan bisnis. Sejak itu, banyak orang yang lewat kerap melihat jelmaan hantu seperti hantu bapak-bapak dan hantu perempuan. Namun, akhir-akhir ini sudah tidak banyak kejadian horor yang dilaporkan terjadi di rumah ini. Bahkan, rumah ini sempat dijadikan tempat bermalam para tunawisma.

Sekitar tahun 2002, Nurdin (32), penjual gulai dan soto di sekitar Pondok Indah, mengaku pernah melihat hantu yang menyerupai bapak-bapak hilir mudik di halaman depan rumah ini.

saking penasarannya gw.
gw selidik ke kang arip (tukang bajaj berpengalaman yg punya 1001 masalah..eh pangalaman dalam hidupnya)
gw tanya langsung!

“kang..itu bener yah rumah hantu pondok indah pernah makan tumbal tukang nasi goreng..” tanya gw serius.

“hahaha.. halah itu mah bisa2nya si sugio aja..”

“lah, kok sugio???” tanya gw makin penasaran.

“sugio itu, nama tukang nasi gorengnya..”

“halah halah halah, kok bs kenaaaal..”

“dia tu dulu pernah tinggal diradio dlm, den! kan pernah mangkal di parapatan antena empat, juga!” sambil nunjukin arah parapatan.

“lah kok bisa jadi tumbal gitu, masi idup dia kang?” tanya gw.

“apa2an, org dia pulang ke tegal..”

“waduh !! jadi dia gak diculik setan?? knp dia pulang ke tegal..”

“wong, org utangnya byk..jadi dia ngarang cerita, klo dia mati ditelen tu setan, tp sebenernya dia lari gara2 blon byr kontrakan, bayangin den! kontrakan dah 5 tahun gak dibyr2 ama dia.. ck ck ck sugiooooo2x..”

“lah trus itu gerobaknya”

“itu juga ngutang den! ”

“haha waduh, parah juga tu org..” batin gw

“gara2 tu utang, satu jakarta di boongin ama sugio..”

waduh jadi tu semua BOONGAN toh!!!, bner2 hebat tu sugio ampe satu JKT dibuat gempar, ckckck well guys, Sugio, HE’S THE MAN, ibarat watchmen , sugio’lah OZYMANDIAS, yg merancang konspirasi tingkat tinggi ini, luar biasa..
ini, kita yg bego ato sugionya kelewat cerdas!!

“huhh.. GODbless Sugio..” batin gw menyeruak

23
Jun
09

Jeruk Purut

adek2 kali ini kita akan membahas mitos tempat2 angker yg ada di Jkt,
mhhh..salah satunya yaitu pekuburan Jeruk Purut, yg terkenal dgn mitos hantu pastur tanpa kepala, yg berjubah hitam, tinggi gede, pala di tenteng.. klo jalan, disampingnya ada anjing gila gede (lebay bgt gw yaa haha) gak kok, ini sesuai dgn cerita org2 sekitar situ.

byk cerita dari tmen2 gw ttg pastur satu ini, ada yg blg klo peng liat dia, dtg kesitu mesti berjumlah ganjil, 3 org, 5 org, pokoke jgn genap aja.
yg denger-denger lagi, dideket sono ada billboard sunsilk, nah cewe di billboard itu, matanya bisa kedap-kedip,.. (iseng bgt tuh cwe, maenin mata gt, halah! serem)

diseputaran pekuburan situ konon byk yg mengalami hal2 aneh, hiiiiii..

gw pernah suatu ketika nyetir mobil lewat dikawasan itu, siaaaal.. merinding gw, bner2 sepiii, lo bayangan dijalanan berbelok-belok gt trus byk tanjakannya trus ada asep2 putih gitu kyk ada yg sengaja kipasin (mungkin tukang sate seputaran situ, iseng amat.. tp pas gw liat2in gak ada sapa2, gw berharap ada bajaj kang arip lewat biar gw bisa ber alibi, “hhhuh ternyata asep bajaj kang arip tooh”…tp ternyata GAK ADAAA org sama skali), gw inget bgt itu sekitar jam 8 mlm, masih jam 8 mlm kondisi tu jalan dah sepi ampus gitu.. hhuh..

tp guyss..
2 taon yg lalu gw pernah nyoba uji nyali di situ

gw ama 2 tmen gw. sebut saja Hadi dan Supratman coba kesitu (iseng bgt) nanya2 ke tukang juru kunci ttg kebenaran mitos tersebut.

gw inget bgt itu pas mlm mggu, berhubung kita ber3 jomblo, maka kita iseng ngapelin juru kunci jeruk purut

gelap, sepi, nanjak, sempit, berbelok-belok, bulu kuduk naik-turun. begitulah kondisi yg gw rasa ketika memasuki kawasan angker itu

yg anehnya, si prat (panggilan akrab supratman) iseng ngebawain J-CO buat si mbah2 juru kunci jeruk purut itu.
sontak aja tu mbah bersemangat ngeladenin kita nanya2.

“mbah bner gak si.. disini ada hantu pasturnya”

“he..he..he..”

“lah kok malah senyum2..” batin gw merinding.

“serius ah mbak, sok2 ngedramatisir gt lg…” ujar prat coba ngehibur diri ditengah nuansa malam yg semakin mencekam.

-tatapan mbah tiba2 manajam-

“mmh..mbah dah lama disini?” potong hadi berusaha serius..

“hehekhek udah lama bgt”

“lama bgt, serem amat sih jwbannya, singkat tp spooky gitu” batin gw masih merinding

cat: kita ngobrol didalam gerbang jeruk purut, bukan depan, catet! DI DALAM GERBANG JERUK PURUT..

gw ngeliat sekeliling, radius 20 meter, pemandangan gelap, TOTALLY DARK.. jd otomatis penglihatan kita cuman bs ngejangkau 20 meter ke bwah. pohon kamboja dimana-mana seperti melambai-lambaikan berita duka, tiba2 gw ngerasa ada yg beda..

“kok bau busuk yaahh..” potong hadi, sama seperti yg gw rasa.

“mbah umurnya brp?” tanya prat..

“aduhh prat, udah ah, gak enak ni hati gw, kita ke depan gerbangnya aja ah, ngapain ngobrol dlm gerbang gini, gelap taww?!” ujar Hadi sok khawatir pdhl gw yakin dari raut wajahnya ni bocah 99% TAKUT.

“ntar dulu gw blon selese ngobrol ama mbah..” ujar prat

TIBA2 mbah berdiri, dari duduknya!!!

“Anjroooot!!!” teriak gw kaget, ampe gw jatoh, yg tdnya jongkok, gw jatoh ke belakang.

“a..a..ada a..a..a..apa mbeh, ehh mbah??” tanya Hadi kaku.

“GW…..”

“oH NOOOOO.. pasti dia ohh tidaaaak” batin gw menggila

“GW….”

semua mata tertuju ke mbah juru kunci ini, yg namanya aja gw GAK TAU.. “jgn2x ini mbah adaLAAAHH… OH TIDAKKKK, jgn skrg… gw gak siaaaappp….”

“GW.. GW…” bisik mbah terbata-bata

“i..ii..iiyah mbah, kita gak bakal nanya2 lg kok, ki..kiita dah salah, kkita gak ngeganggu lg kkook..”

“iya..iya mbah, kan dah,,dahh dikasi JEko, masa ki..kita mo di embat juga mbah?”

“yaudah..mbah maturnu..nuhun..”

mbah dengan tatapan tajam dan menggeliat (seperti penari kecak) mulai menyeringai kesakitan.

gw perhatiin matanya, yang tadi ada itemnya dah jadi putih semua, kayak lg nahan amarah gitu..
huhhh sereeem gilaaa..

Mbah tiba2 ngelanjutin bicaranya,
sedikit serak dia blg

“GW..G..GW..GW
peng boker duluuuu yaaaaaaaaaaaaaaaa” teriak mbah sambil ngacir ke belakang pos..

Pas dia ngacir, secara refleks kita semua juga ikutan ngaciiiirrrrrrrrrrrrrr…

“kabuuur!!!!!”

10 menit kemudian

“ANJROOOoooot… gw pkir dia mongapain kita, eh gak taunya dari td dia lg nahan boker” ujar Hadi pucet

“lo siii, prat nyekokin dia pke J-CO”

“Bangsatt.. tu mbah..hhhuhh jantung gw hampir mo copot…!!!!”

hahaha SO GUYSS, mitos ttg Panstur jeruk purut sebenarnya non sense alias boongan, mana ada hantu pastur di kuburan org islam, lagian hari gini hahahaha masih percaya ama gitu2an, udah lah, tp..
yg aneh..
ampe skrg tu mbah yg mlm2 itu ketemu kita dah gak pernah nonggol lg
ada yg blg klo sebenarnya dia itu bukan juru kunci disitu, hanya org sarap aja (org gila) yg sering mojok disitu,
tp.. feeling gw masih gak enak aja.. itu mbah itu sebenarnya SIAPAA yaaa???

😮

23
Jun
09

demonstrasi

ok sob!
kali ini gw pgn sedikit ngebahs ttg fenomena 1 ini, pd umumnya mahasiswa daerah/mahasiswa baru sangat2 tertarik akan hal2 baru, pgn nyoba ini-itu, salah satunya yah demonstrasi ini, mgkin pgn nyobain sensasi teriak2 di jalan gak da yg marahin, bawa spanduk yg warna-warni dgn bahasa provokatif, serasa kyk SOE HOK GIE gitu yah hahaha, nah itu emang bner, jiwa2 muda seperti kita pasti ada yg namanya sisi idealismenya yg mesti dikeluarin, nah dikeluarinnya lewat hal2 gini,
tapiii, tidak selamanya demonstrasi itu baik untukmu
demo itu berbeda-beda sesuai dgn apa tuntutan yg diusungnya, bukan berarti semua demo kita mesti ikut dan turun kejalan
coz ada juga demo akal2an yg dikendarai oleh oknum2 gak bner, tujuannya agar terjadi klash!
atau pula sengaja mencari korban (butuh tumbal) untuk kepentingan politik tu org2..
jadi jgn sampe?? lu anak2 daerah yg blon tau apa2 jadi korban..
kan kasian nyokap lu, cuman bisa ngeliatin di TV, lu terkapar tak bernyawa (amit2 deh)
itu namanya mati konyol,
lu pikir lu bs jd kyk che guevara gitu..
boro2
org2 yg mati saat demo, sama skali gak dikenang, apalagi di puja sebagai PAHLAWAN!
udah bukan jamannya lg, revolusi di tegakin dgn demo..
it;s so old school
pikir baik2 dulu sebelum bertindak krn nyawa gak ada serepnya..

gw pernah ikut2an demo, klo gak salah! masalah palestina deh, gw rada2 lupa.
gw bareng dua temen gw, gw lupa juga namanya, sebut saja (wahid dan hamka), dua bocah ni ank rohis, potongannya celana diatas mata kaki, pke kemeja, dibalut jaket tebel warna item (blakang tu jaket klo gak ketulis PKS, mungkin gambar bendera Palestina), sendal nekermen, tas alpen yg gede2 gitu. rambut klemis, klo hamka pke kacamata, wahid gak, cuman wahid plus kemeja batik luarannya sama jaket item bertuliskan MARI MATI SBG SYUHADA!!

gw sih diajakin mereka dgn kata2 yg menyentuh ampe ke sum2 tulang belakang gw
wahid ngejelasin penderitaan org2 Palestina..
gak itung 3, gw lgsg ikut

katanya ngumpulnya di monas, semua kampus punya perwakilannya, pasti rame..

gw lgsg ke monas ama wahid dan hamka, gw inget itu siang jam 12an, terik nya dah kerasa bgt, hr itu gw ampe bolos gara2 pgn nyobain demo..

pas nyampe disana semua kampus dah pd ngumpul, beragam warna almamater membaur menjadi 1..

yg laen masih pd nunggu temennya

sejam

dua jam

tiga jam

tiga jam 5 menit

tiga jam 10 menit

tiba2

“lah lah lah kok kok..pd bubar” tanya gw ke wahid..

org2 bukan pd makin rame, tp malah makin sepi..

“ntar gw tanyain duluu..”

wahid nyamperin ank Moestopo

5 menit kemudian dia balik

“knp hid??!!” tanya gw ama hamka dgn ekspresi bingung

“demonya gak punya izin..”

brengsek, siapa sih yg ngarahin ni massa bego, ngumpul.. ternyata kagak ada izinnya..

sialllll…gw ampe bolos kuliah
ampe gak mkn
ampe ribet nahan pipis
jongkok ampe kesemutan
nganga ampe nyadar lg
ampe item kena matahari
ampe dipkir org asing coz lupa bwa almamater
ampe digodain benconk di halte monas

alhasil gw pulang setelah menghabek somay dgn harga 3ribu.

maklum sisa buat ongkos pulang ke radio dlm, lumayan jek!

gak lagi-lagi dahhh demo gak jelas, mending dikasi nasi bungkus. gw, wahid, dan hamka cuman dikasi ucapan terima kasih ama tu pengerak demonya..
serasa gw pgn jitakin bibir tu org..

boro2 nyelamatin org2 dipalestina
nyelamatin diri sendiri aja buat pulang kosan, empot2an!

hhuhh..

hamka
guys, catatan. ni poto bukan karna demonstrasi yg memakan korban tp tukang demonya lemes, laper! kasian yah

23
Jun
09

homesick

homesick

let’s talk bot it..

well, penyakit ini akan sering sekali di idap oleh mahasiswa2 dari daerah pd awal2 semester,
diliat dari kata homesick tuh artinya rumah sakit,,what, haha waduh ini loh kok knp?? rumah sakit disebut hospital yah..

:0

lanjut..
gw menyoroti byk hal ttg homesick ini, geliat, ekspresi batiniyah hingga emosiniah haha para mahasiswa2 daerah beragam..
ada yg loncat2 gak karuan
ada yg mencret2
ada yg ketawa dan nangis dlm saat yg bersamaan
ada yg diem kyk pantat
ada yg nahan lapar (ini gara2 kiriman duit blon dtg)
ada yg baca komik kungfu komang (biar lupa punya kampung halaman)
ada yg menggeliat gak jelas (ini mah, lg meriang)
ada yg mabok2 (ini gak bner nih)
ada yg rajin ke mesjid (lg2 minta kiriman duit dicepetin, dgn bantuan Tuhan)
ada yg jogging ke senayan (strees nih, hari minggu duit gak ke kirim coz bank tutup)
ada yg part time (lg nyari duit nih..)
ada yg jln2 ke mall (lg2 cuman buat ngecek ke atm, kiriman duit dah nyampe pa blon)
ada yg nonton di 21 (kiriman duit dah nyampe)

homesick tak lain tak bukan dikarenakan masalah duit..
inget nyokap pas lg susah
pas kiriman duit dah nyampe, lupa punya nyokap

durhako..

homesick=need money
homefit=got money

well, i think, i got homesick

22
Jun
09

Fall

hellyeaaa..
suatu ketika kawan gw bernama lonyo ngajakin gw nonton acara underground.. katanya

“cha, lu pgn ngeliat aksi band2 underground Jkt gak?”

“dimana?”

“di taman ria senayan..”

“apa aja yg maen?” sok tau gw haha

“byk ada KBB (killed by butterfly), ada Stepforward, ada fall, ada…mmmmhh pokoke byklah!, mau ikut gak?”

“jam brp??”

“bada’ maghreb gitu..”

“siip.. boleh deh..”

“ok ntar gw jemput dikosan lu, key!?”

pas bada’ maghreb, gw bareng lonyo bergegas menuju TKP.

pas nyampe, gokil acaranya padet bgt, bner2 acara underground, beringas! semua pke item dah kyk mongelayat aja.. pas masuk gw dikasi gelang, yg sekali pasang gak bs kebuka, apaan tu namanya gw lupa!

gebrak gebruk gebrak gebruk.. gak tau band apaan yg lg maen, pokoke depan stage bner2 70 % gelap, jalan aja gw mesti ngeraba-raba, asep rokok, baau alkohol ampe bau muntah dan membaur menjadi satu, sangar bgt ni tempat. gw pas itu masih dibelakang, kata lonyo.

“ntar aja kita maju pas stepforward maen, ini mah masi band2 kuncrut”

“bussset!! band kuncrutnya aja dah rusuh kyk gini, palagi pamungkasnya” batin gw.

security yg depan kyk dikacangin gitu ama mosher2 gila, gw liat tu orang depan stage dah kyk kesurupan, nendang2 kiri-kanan, trus pas gw perhatiin yg lg nyanyi kyk sapi mo di ngorok. hhhuuuh!!!
drummernya ngebuknya ampe tu drum maju ke depan, buset ini mah drumnya yg enteng apa tu gebukannya tu org yg kenceng.. kampreet..

ada beberapa org yg sok2 nge stage diving gitu, batin gw “mudah2an aja ga da yg megangin, biar tu palanya salaman ama lante..”

kata lonyo,
“lu klo doyan punk rock, ikutan gabung aja cha, gw tunggun sini..”

“lahh lo mo ngapain?”

“gak ngapa2in, gw nunggu stepforward aja..”

“males ah, ntar bareng aja, gw si males punk rock gini” padahal kaga ngerti hahaha

tiba2 tu band disuruh berenti ama MC-nya..

“cukup2, next band..”

hahaha gw ketawa ngakak males bgt disuru berenti..

“oke guys, berikut salah band yg dah kita kenal lama, FALL !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!” teriak tu mc

muncul personil FALL, vokalisnya bule, sisanya lokal..

setelah nyetem 3 menit langsung..

langsung tu band gak pake basa-basi ngegebrak dgn tembang2 cadas mereka yg saat itu gw sama sekali gak ngerti..
“what the fuck…” batin gw

sontak tu org yg dibelakang gw pada nyerbu ke depan stage.. rusuhhh..
lonyo juga ikutan lompat dah kyk monyet ngeliat pisang..

“santai nyoooo…” teriak gw

“gak pakeeee..” ujar dia sambil merengsek ke bagian terawan (yaitu tempat yg gw jelasin td, zona NO RULESSS!!!)

gokil ni org2 ya uda dehhh, kpn lg klo gak SKRG, gw jg lgsg loncat ngikutin lonyo yg udah masuk lebih dulu ke pusaran mosher yg OUT OF CONTROL..

pas gw gabung ke dalam puseran, gak itung 3..

CXCEPRAAKKK!!!!!

bibir gw ada yg ninju, gw lgsg mundur lg, pas gw raba, bedarah..

“siallll,,, mana tu bocah,..” batin gw

gw liatin dia didepan gw, batin gw “gw bales..”

gw maju lg kali ini bukan untuk nikmatin musik FALL tp untuk ninju balik tu bocah..
gw liat dia lg asik muter2, ga nyadar apa lu habis memblein bibir org..
pas dia muter kedua kalinya didepan gw, gw bantai pake sikut gw, PRAACCKK!!! kena idung, gw liat dia muter, kali ini bukan karena musik tp krn kesakitan.
gw lgsg kabur, berhubung tempat dibelakang gelap, gw lgsg menghilang kebelakang, gw biarin si lonyo, BAK-BUK didepan.

gw liat tu bocah ditarik keluar ama tmennya, gara2 ngeganggu yg lain, soalnya dia jongkok ditengah pusaran, alhasil dia diseret.

15 menit kemudian, abis FALL manggung lonyo nyariin gw dibelakang,

“gokiiiil seru bgt..lu kemana aja siih?!!”

“sial, gw ke tinju td..”

“hahaha, gw juga nih” sambil ngeliatin bibirnya yg berdarah juga..

“hahaha, sial hahaha” gw jadinya ketawa..

“OKE GUYSSS, lgsg aja STEPFORWARD!!!!!!!!!!!!!!” MC-nya tiba2 teriak, pdhl suara tu mc dah parau..

“nah ini niiih, yg gw tunggu2, ayook cha, ke depan lagi..” ujar lonyo bersemangat.

“boro2 stepforward, yg ada bibir gw tambah ke forward..”

“hahahaha…”

Alhasil malam itu menjadi malam panjang yg mengasikan
gw masuk lg ke pusaran mosher depan, nendang2 org lg, plus ditendang2 org lg hehe, ampe KBB (Killed by Butterfly), bis itu gw ma lonyo balik, gara2 dah kecapean bgt

bonus, memble..

punkmosh01

22
Jun
09

Sejarah Mie!

gw mules ni mkn mie instan mlulu..

knp ya ank kosan identik ama mie instan, mungkin selama gw kul disini dah sekitar 7 ton mie instan yg gw telen.
mie, mieeee.. iam sick of you.. but it’s cool..

ok guys, complain bot mie nanti aja, gw mo ngasi sedikit info buat kalian, yg pasti bot mie instan laaaaah!! hehe

Barang kali kita pantas berterima kasih kepada Momofuku Ando, orang Jepang kelahiran Taiwan 1911. berkat kerja keras dan jerih payahnya kita sekarang bisa menikmati kelezatan mie instan. Makanan cepat saji dengan berjibun penggemar ini masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun 1960-an.

Begini ceritanya… (dah kyk ngedongeng aja..)

Ditinggal orang tuanya, Ando yang berumur 3 tahun harus membantu neneknya mengurus rumah. Balita ingusan itupun mesti menjaga toko. Belum lagi harus mencuci pakaian dan mamasak. Hasilnya positif, ia jadi pintar masak-memasak, sebaliknya sekolahnya terlantar.

Menjadi pedagang adalah angan2nya. Harta peninggalan ortunya pun digunakan untuk berdagang pakaian rajutan di Taiwan dan Osaka, jepang. Usahanya terbilang maju. Ia pun bisa kembali ke bangku sekolah menyelesaikan pendidikan yang sempat terbengkalai.

Namun kemudian ia dituduh korupsi dalam perdagangan senjata dan onderdil pesawat. Ia lantas dijebloskan ke bui. Setelah 2 tahun hidup di Hotel Prodeo, ia pun dibebaskan. Pada 1956, satu-satunya harta yang tertinggal adalah rumah.

Masa itu Amerika Serikat sedang gencar2nya menyumbangkan gandum ke Jepang yang sedang paceklik pangan. Harga terigu menjadi murah. Pemerintah Jepang pun menganjurkan rakyatnya mengonsumsi roti dan terigu sebagai pengganti nasi.

Melihat banyak orang melahap mie, di dekat toserba hankyu di Osaka, pikiran Ando terbuka. Mengapa tidak membuat mie dari terigu? Bukankah orang Jepang sangat menyukai mie. Apalagi mie dirasa enak, murah, tahan lama, dan tidak sulit mengolahnya.

Ide liar itu terus bergulir di benaknya. Cuma ia tidak mau membikin mie biasa yang sudah banyak beredar di pasaran. Ia ingin membuat mie bentuk lain yang enak, lebih cepat dan mudah diolah, serta gampang didapat dimana-mana.

Ando mulai mewujudkan impiannya dengan membeli mesin pembuat mie dan bereksperimen membuat mie instant di emper belekang rumahnya. Mula2 mie digoreng agar lebih awet, gurih, dan cepat diolah. Lalu menimbang2 rasa yang pas untuk kuah itu. Dipilihnya kuah ayam karena yang netral. Ando membawa contoh mie instannya ke sebuah toko serba ada. Ternyata semuanya ludes hari itu juga. Waktu itu tahun 1958.

Emper rumahnya tak kuasa menampung pesanan. Ia memindahkan usahanya ke sebuah gudang kosong di Osaka. Di sana Ando membuat mie instant dibantu keluarganya. Sejak itu perusahaan2 besar berebut ingin menjadi penyalur mie instannya. Desember 1958 ando menamai perusahaannya Nissin Foods. Beberapa bulan kemudian ia pindah ke sebuah pabrik seluas 20000m2. tahun 1960 ia membuka pabrik kedua, dan tahun berikutnya lahir pabrik baru lagi.

Meski mie instant laris manis, Ia tak bosan2 bereksperimen untuk terus memperbaiki mutu. Bahkan ada keinginan memperkenalkan dan mejualnya ke luar negeri. Untuk menjajaki kemungkinan itu, ia pergi berkeliling Eropa dan Amerika tahun 1966. di sana ia melihat orang makan mie dengan garpu, tanpa kuah dan memakai piring, meyeruput mie dianggap tidak sopan.

Ia juga mengamati ada kaldu yang bisa dilarutkan dengan air panas tanpa harus dimasak. Ada gelas kertas sekali pakai dan kertas almunium sebagai wadah kedap udara. Ando pun mendapat ilham membuat mie instant dalam wadah berbagan stereofoam, yang lantas ditutup rapat dengan lembaran aluminium. Mie gelas itu tidak perlu dimasak, cukup diseduh. Supaya tidak hancur terkocok2, mie dibuat lebih tebal. Disediakan pula garpu untuk memakannya.

Di puncak keberhasilannya ando yang pada tahun 1988 genap berumur 77 tahun, membuka Foodeum di Shinjuku, Tokyo. Gedung itu disebut pula “istana mie” karena mempunyai beberapa restoran mie, tempat disko, dan museum mie.

(info ini gw ambil dari Wikipedia)

ok guys, mie instan yg bkin perut gw mules ini ternyata punya sejarah yg panjang juga.. jd Momofuku Ando adalah org yg harus bertanggung jawab dibalik mules yg gw derita ini..

huuuh.. ke toilet dulu bentar!